Jumat, 13 Agustus 2010

Company Profile

PS. Madukismo Yogyakarta
PS Madukismo merupakan satu - satunya pabrik alkohol (ethanol) di D.I. Yogyakarta, dimana PS Madukismo merupakan salah satu unit produksi dari PT. Madu Baru selain pabrik gula PG Madukismo.  PT. Madu Baru merupakan PMDN dimana 65% saham dimiliki oleh Sultan HB X dan 35% dimiliki oleh PT. Rajawali Nusantara Indonesia (salah satu BUMN Agrobisnis, Farmasi & Perdagangan)

Pabrik alkohol ini mempunyai kapasitas 25.000 liter/hari, dimana 22.000 liter adalah alkohol prima (95% v/v) dan 3.000 liter  adalah alkohol teknis (94% v/v).



Adapun letak posisi PS Madukismo secara geografis yaitu 7˚ 4' - 8˚ 20' LS & 110˚ - 111˚ BT  pada ketinggian  84 m dpl. Dibangun pada bekas PG Padokan yang berjarak 5 km di sebelah selatan kota Yogyakarta, tepatnya di dsn.Padokan , Kel.Tirtonirmolo Kec. Kasihan Kab. Bantul, Propinsi DI.Yogyakarta (dekat ring road Selatan Yogyakarta, dan wisata Kasongan Yogyakarta) 

PS Madukismo mulai berproduksi sejak tahun 1959 dengan bahan baku tetes tebu (molasses) yang dibeli dari PG Gondang, karena PG Madukismo masih sedikit menghasilkan tetes dimana PG Madukismo mulai giling 1958 sebagai taraf percobaan berproduksi gula. Di tahun ke-2, 1960, PS Madukismo mulai berproduksi dengan mengunakan tetes dari PG Madukismo.

Saat ini PG Madukismo menghasilkan 150 ton tetes/hari (pada musim giling), sedangkan PS Madukismo membutuhkan 90 ton tetes/hari untuk bahan baku pembuatan alkohol.


2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. PG. Madukismo sebagai ikon wisata industri, semoga sukses, jaya & berkah

    BalasHapus